Operasi Mata LASIK

Apa Itu Bedah Mata LASIK?

LASIK singkatan dari laser in-situ keratomileusis, adalah operasi populer yang dapat memperbaiki penglihatan pada orang yang mengalami rabun jauh atau rabun dekat, atau yang memiliki astigmatisme.

Ini adalah salah satu dari banyak operasi koreksi penglihatan yang bekerja dengan membentuk kembali kornea Anda, bagian depan mata yang jernih, sehingga cahaya berfokus pada retina di bagian belakang mata Anda.

Mengapa LASIK Dilakukan?

Ketika cahaya tidak fokus pada retina Anda sebagaimana mestinya, penglihatan Anda kabur. Para dokter menyebutnya sebagai kelainan refraksi. Jenis dasar meliputi:

  • Rabun jauh (miopia). Anda melihat sesuatu dengan jelas ketika mereka dekat dengan Anda, tetapi hal-hal yang lebih jauh terlihat kabur.
  • Rabun dekat (hyperopia). Anda melihat hal-hal yang jauh dengan lebih jelas, tetapi hal-hal yang lebih dekat menjadi kabur.
  • Astigmatisme. Ini bisa membuat semuanya kabur karena bentuk mata Anda.

Bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah LASIK tepat untuk Anda. Anda tidak boleh menjalani operasi jika Anda:

  • Lebih muda dari 18
  • Sedang hamil atau menyusui
  • Minum obat tertentu
  • Miliki banyak perubahan terkini pada resep penglihatan Anda
  • Memiliki kornea tipis atau tidak rata
  • Memiliki kondisi mata seperti glaukoma atau mata sangat kering
  • Memiliki masalah kesehatan lain seperti diabetes, lupus, atau rheumatoid arthritis

Manfaat Operasi Mata LASIK

Manfaat LASIK meliputi:

Lasik Operasi Mata

  • Sudah ada selama lebih dari 25 tahun. Sekitar 96% pasien mencapai tujuan penglihatan mereka sesudahnya. Peningkatan dapat meningkatkan jumlah ini lebih banyak lagi.
  • Sangat sedikit, jika ada, rasa sakit yang terlibat.
  • Tidak ada perban atau jahitan.
  • Jika penglihatan Anda berubah seiring bertambahnya usia, dokter Anda dapat menyesuaikannya.
  • Anda mungkin tidak perlu terlalu sering menggunakan kaca mata atau lensa kontak, atau sama sekali, setelah LASIK.

Resiko Operasi Mata LASIK

Seperti halnya operasi lainnya, LASIK memiliki beberapa risiko, antara lain:

  • Itu prosedur yang rumit. Ini jarang terjadi, tetapi mungkin ada masalah yang memengaruhi penglihatan Anda secara permanen. Inilah salah satu alasan memilih ahli bedah yang memiliki banyak pengalaman dengan operasi tersebut.
  • Jarang, Anda mungkin kehilangan penglihatan “terbaik” yang dapat diperbaiki, tingkat penglihatan tertinggi yang Anda miliki saat mengenakan lensa kontak atau kacamata, setelah LASIK.
  • Sebagian besar asuransi tidak mencakup LASIK.

Efek Samping Operasi Mata LASIK

Beberapa pasien mengalami ketidaknyamanan dalam satu atau dua hari pertama setelah operasi mata LASIK. Efek samping lain jarang terjadi dan biasanya hilang seiring waktu. Mereka termasuk:

  • Silau
  • Melihat lingkaran cahaya di sekitar gambar
  • Kesulitan mengemudi di malam hari
  • Visi yang berfluktuasi
  • Mata kering
  • Mata yang gatal
  • Sensitivitas cahaya
  • Memar kecil di matamu

Bagaimana Saya Harus Mempersiapkan Operasi Mata LASIK?

Sebelum LASIK, Anda akan bertemu dengan koordinator atau ahli bedah mata yang akan membicarakan apa yang diharapkan selama dan setelah prosedur. Mereka akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan mata lengkap. Ini mungkin termasuk tes untuk mengukur ketebalan kornea, refraksi, dan tekanan mata Anda. Mereka mungkin memetakan kornea Anda dan melebarkan pupil Anda. Dokter bedah akan menjawab semua pertanyaan yang mungkin Anda miliki. Kemudian, Anda dapat menjadwalkan janji untuk operasi.

Jika Anda menggunakan lensa kontak yang permeabel gas kaku, jangan memakainya setidaknya selama 3 minggu sebelum evaluasi Anda. Jangan memakai lensa kontak jenis lain setidaknya selama 3 hari sebelum evaluasi. Pastikan untuk membawa kacamata Anda sehingga ahli bedah dapat meninjau resep Anda.

Pada hari operasi Anda, makan makanan ringan sebelum masuk, dan minum semua obat yang diresepkan. Jangan memakai riasan mata atau aksesori tebal pada rambut Anda yang dapat mengganggu posisi kepala Anda. Jika Anda tidak enak badan pagi itu, hubungi kantor dokter untuk menanyakan apa yang harus Anda lakukan.

Apa Yang Terjadi Selama Operasi Mata LASIK?

Dokter Anda akan memberi Anda obat tetes untuk membuat mata Anda mati rasa. Anda juga bisa meminta obat penenang ringan.

Mereka akan menggunakan alat yang disebut microkeratome atau laser femtosecond untuk membuat flap tipis di kornea Anda. Mereka akan mengupasnya kembali dan menggunakan laser lain untuk membentuk kembali jaringan di bawahnya. Kemudian, mereka akan memasang kembali tutupnya, dan operasi selesai. Pelajari lebih lanjut tentang jenis laser yang digunakan selama operasi mata LASIK.

Prosedur LASIK sendiri biasanya memakan waktu sekitar 20 menit. Rencanakan untuk meminta seseorang mengantar Anda pulang setelah operasi.

Apa yang Harus Saya Harapkan Setelah Operasi Mata LASIK?

Mata Anda akan menjadi kering, meski mungkin tidak terasa seperti itu. Dokter Anda akan memberikan resep obat tetes mata untuk mencegah infeksi dan peradangan, serta obat tetes untuk menjaga kelembapan mata Anda. Anda mungkin mengalami perasaan terbakar singkat atau penglihatan kabur saat menggunakannya. Jangan gunakan obat tetes mata apa pun tanpa bertanya kepada dokter Anda tentangnya.

Mata Anda mungkin akan sembuh dengan sangat cepat. Kebanyakan pasien melihat penglihatan yang lebih baik dalam beberapa hari. Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki masalah atau efek samping yang tidak biasa.

Jangan berenang atau menggunakan bak mandi air panas selama 2 minggu setelah operasi. Anda mungkin mendapatkan pelindung plastik untuk melindungi mata Anda saat Anda tidur selama beberapa hari. Jika sudah sembuh total cobalah jangan memaksakan mata anda untuk melihat handphone dan komputer terlalu lama. Pengalaman admin setelah sembuh dan langsung bermain taruhan pada http://www.tarsandswatch.org mengakibatkan kerusakan.

Dokter Anda akan memberi tahu Anda kapan harus kembali untuk kunjungan tindak lanjut. Yang pertama mungkin sekitar satu hari setelah prosedur. Pelajari lebih lanjut tentang pemulihan dari operasi mata LASIK.

Penglihatan Anda masih bisa berubah setelah LASIK. Anda mungkin harus menggunakan kacamata baca seiring bertambahnya usia. Lebih dari 10% orang membutuhkan prosedur LASIK kedua beberapa waktu kemudian untuk memulihkan efeknya. Tapi secara keseluruhan, 90% pasien memiliki penglihatan antara 20/20 dan 20/40 setelah operasi LASIK. Pelajari lebih lanjut tentang mendapatkan gula LASIK lebih dari sekali.